Jumat, 12 April 2013

Gempaaaaaaaaaaaaaaa

Rabu, 27/03/2013 12:19 WIB

Gempa Bumi 6 SR Guncang Taiwan, 20 Orang Luka-luka

Novi Christiastuti Adiputri - detikNews
Ilustrasi (AFP)
Taipei - Gempa bumi berkekuatan 6,0 Skala Richter (SR) mengguncang ibu kota Taipei, Taiwan. Dilaporkan sedikitnya 204 orang mengalami luka-luka akibat gempa yang terasa cukup kuat di sebagian besar wilayah Taiwan ini.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat, gempa yang melanda Taiwan ini terjadi pada pukul 10.03 waktu setempat. Pusat gempa berada di lokasi 48 km sebelah timur Nantou, Taiwan bagian tengah. Gempa berpusat di kedalaman 20,7 km dari permukaan laut. Demikian seperti dilansir AFP, Rabu (27/3/2013).

Sedangkan Badan Meteorologi Pusat Taiwan mencatat, gempa ini berkekuatan 6,1 SR dan dirasakan secara merata di seluruh wilayah Taiwan.

Dinas Pemadam Kebakaran Taiwan melaporkan, 20 warga setempat mengalami luka ringan akibat gempa ini. Korban luka berasal dari sejumlah wilayah, seperti Nantou, dekat distrik Changhua dan distrik Taichung.

Selain itu, dilaporkan adanya kebakaran di wilayah Nantou pasca gempa bumi ini terjadi. Namun api telah berhasil dipadamkan oleh petugas.

Masih menurut Dinas Pemadam Kebakaran Taiwan, sempat terdapat lima laporan soal warga yang terjebak di dalam lift ketika gempat terjadi. Tapi mereka yang terjebak telah berhasil dievakuasi dengan selamat.

Jaringan televisi kabel setempat, SET TV menayangkan seorang wanita di Nantou yang menjadi salah satu korban luka, tengah digotong ke dalam ambulans. Wanita ini mengalami luka di bagian kepala akibat kejatuhan serpihan langit-langit rumah yang runtuh akibat gempa.

Sementara itu, gempa bumi di Taiwan ini dilaporkan sempat mengganggu layanan kereta api cepat dan kereta bawah tanah di Taipei. Seluruh jadwal kereta terpaksa ditunda sementara karena otoritas setempat harus melakukan pemeriksaan keamanan terhadap kereta-kereta tersebut. Banyak gedung-gedung bertingkat di ibu kota Taipei yang ikut berguncang ketika gempa bumi terjadi.

Secara geografis, Taiwan terletak di atas pertemuan dua lempeng tektonik sehingga rawan dilanda gempa bumi. Pada September 1999 lalu, gempa bumi berkekuatan 7,6 SR melanda wilayah Nantou dan menewaskan sekitar 2.400 orang.

sumber: http://news.detik.com/read/2013/03/27/121900/2205022/1148/gempa-bumi-6-sr-guncang-taiwan-20-orang-luka-luka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar